Resume Seminar Game OPEN LECTURE “Game Industry, Global and
Indonesia Opportunity and Challenges”
Pada kesempatan kali ini saya ingin meresume inti dari
seminar OPEN LECTURE “Game Industry, Global and Indonesia Opportunity and
Challenges yang diselenggarakan di Universitas Gunadarma pada tanggal 10 Juni
2014 lalu. Narasumber dari seminar ini berjumlah 4 orang, semuanya memiliki
pengalaman yang sangat luar biasa di dalam dunia game tersebut.
Ø
Narasumber Pertama : Bpk Andreas (Tim UG IBC)
Outline : 1. Game Yesterday & Today
2.
Game Component
Game Yesterday & Today
Merupakan game popular, atau sepanjang masa. Orang yang
memainkan game ini tidak akan pernah bosan karena gemenya yang sangat bagus dan
menarik. Contoh dari Game ini : Prince Of Persia, Doom, dll.
Game Component
Merupakan komponen- komponen atau isi dari game itu sendiri.
Game component terdiri dari 2(dua) bagian yaitu content + engine.
Content terdiri dari:
- Sound
- Effect
- Lighting
- Level design
- Animation
- Etc
Engine terdiri dari:
- Motion
capture:
Other factors for successful Game:
1. Playability and
game play
2. How fun are the
Game
3. Price
4. Innovation only
god when these two above factor are met.
5. Timing
6. Play by
industry
- Innovation
controller game
1. Brain Computer
interface : suatu device yang digunakan untuk menjembatani otak dengan
computer. Innovasi ini menggunakan syaraf otak untuk mengatur suatu permainan.
Fungsi dari BCI ini juga dapat digunakan untuk melihat fungsi apakah yang
terkandung dalam otak seseorang. Untuk memainkan pemainan dengan controller BCI
ini diperlukan ketenangan suasana, agar
pemain dapat berkonsentrasi penuh untuk mencapai tujuan dari game yang sedang
dimainkannya.
Prinsip kerja dari BCI sendiri berupa stimulus gelombang
Alpha, Beta, Delta, Theta dan Neural Impulse Actuator (NIA).
Ø
Narasumber Kedua : Wong Lok Dien
“The Rise Of Gaming”
Untuk meningkatkan atau mengembangkan suatu game yang akan
kita buat, diperlukan beberapa aspek pendukung dalam pembuatan dan pemasaran
game itu sendiri. Usahakan untuk mencapai global atau umum, dengan memudahkan
akses platform pada game yang kita buat. Dibawah ini adalah tahap-tahap
pembuatan game yang baik, yaitu:
1. Bunch of
references. Untuk membuat suatu game yang baik diperlukan beberapa referensi
game-game yang sudah ada kemudian digabungkan dan diperbarui lagi menjadi game
yang up to date.
2. Free & Easy
to Use tools. Setelah memiliki beberapa referensi game, saatnya
mengimplementasikannya ke dalam aplikasi game yang akan kita buat. Usahakan
untuk menggunakan peralatan yang gratis dan mudah dalam penggunaannya.
3. Monetize ready.
Apabila game yang telah kita buat telah selesai dengan baik kita sudah siap
untuk menampung pundi-pundi uang.
4. Open market.
Dari semua tahap inilah tahap yang paling penting, usahakan aplikasi kita dapat
ditemukan disemua market khusus platform gadget-gadget game yang sedang trend
di masa sekarang.
Dari keempat tahap tersebut ada tahapan-tahapan lain
yang perlu dimulai dari diri kita
sendiri. Tahapan tersebut antara lain:
1. Concept
2. Execution
3. Access to the
market
4. Marketing /
promotion
5. Service &
operations
Untuk informasi lebih lanjut kita dapat mengunjungi alamat
web http://helloludo.com/pengembangan-game/
Ø
Narasumber Ketiga : Kim Kyoung Hwan
“Game Engine Unity 3D”
Untuk pembuatan game unity 3D ini tidak hanya diperuntukan
untuk seorang programmer saja, orang lain yang bukan seorang programmer pun
dapat membuatnya, pembuatan game pada Unity 3D ini gampang-gampang sulit. Kita
hanya memerlukan ketelitian dan keterampilan untuk membuat design graphics yang
nyata, sehingga game yang kita buat dapat menyerupai keadaan aslinya. Untity 3D
platform:
- IOs - PS3
- Android - Xbox 360
- Flash - Wii
- PC - Web
Player
- Mac -
Blackberry
Ø
Narasumber Keempat : Stephen ceo
“Mobile Game Market Smart Trends and Success Stories”
- Global
mobile market game memerlukan device yang banyak untuk penembangannya. Sudah
banyak platform yang mendukung seperti Line, We Chat, Kakao Talk, dll.
- Untuk
pemasaran global mobile market sangat meningkat dibandingkan game PC.
- Di Amerika pada awalnya menghasilkan game
untuk PC, namun setelah apple muncul, game dari platform PC berubah menjadi
game berbasis mobile platform. Pemakaian mobile game sendiri terbilang sangat
banyak dan luas. Mulai anak 10th-30th banyak yang sudah menggunakannya.
- Di Asia pun
tidak kalah pemakaiannya. Mulai dari anak kecil sampai ibu-ibu pun banyak dapat
kita jumpai sedang asyik memainkan mobile game yang dimilikinya. Oleh karena
itu apabila kita ingin menciptakan suatu game mobile yang baik, sebaiknya
dibuat secara global atau umum sehingga siapapun dapat memainkan permainan yang
kita buat tanpa harus terbentur usia.
- Company game
mobile Korea yang sukses antara lain:
1. Gamevil
2. Com2us
3. Pictosoft
4. Talk
5. SundayTOZ
6. pAti
7. nfx
- Tidak hanya
Korea, Indonesia pun memiliki beberapa web game / game online yang sukses,
antara lain:
1. PT. Kreon
2. Lyro
3. Megaxus
Demikian Review game yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar