GAME BATTLE SHOOTER MINION
Bahasa dan
Program Editor :
Permainan ini menggunakan bahasa pemrograman Prolog. Dan di sini saya menggunakan
Strawberry Prolog sebagai program editor. Strawberry prolog adalaah salah satu
bahasa pemrograman yang paling mudah dalam pembuatan AI sehingga cocok untuk
digunakan pembuatan game ini.
About Strawberry Prolog :
Strawberry Prolog merupakan sebuah bahasa
pemrograman logika yang memiliki Object Oriented Language. Pada prolog ini tidak
terdapat prosedur, hanya terdapat kumpulan data yang akan diolah. Untuk menggunakan
strawberry prolog tidak dilakukan instalasi (portable). Jadi program dapat dijalankan
dengan membuka file strawberry prolog (spj) di dalam strawberry prolog itu sendiri
dan pada program aplikasi yang gratis (light edition) tidak dapat membuat
project game tersebut menjapi program execute atau membuatnya menjadi file
ber-extencion exe, dan untuk membuat menjadi program execute digunakan aplikasi
strawberry professional edition yang berbayar.
1
Instalasi Strawberry
Prolog
:
Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kami tidak
bisa membuat file berbentuk exe karena kami menggunakan strawberry prolog light
edition. Untuk dapat membuat file berbentuk exe diperlukan strawberry prolog
pro edition yang bersifat berbayar. Karena itu untuk dapat menjalankan program
ini user membutuhkan :
1. Strawberry Prolog light edition
2.92 (hanya ada versi untuk windows XP & Vista)
2. BattleShooter
·
Install
Strawberry prolog yang terdapat pada folder strawberry prolog (anda harus
memakai windows XP atau vista)
·
Buka folder Game
battleshooter maka akan keluar tampilan seperti pada gambar 1 dibawah, dan pilih
file yang bernama Battleshooter
Gambar
1.
2
·
Setelah proses
yang di atas maka akan keluar tampilan seperti pada gambar 2 dibawah yaitu tampilan
menu utama pada program aplikasi strawberry prolog.
Gambar
2.
·
Untuk menjalankan
games-nya dapat menggunakan shortcut F5. Atau pada menu bar pilih RUN → RUN.
Hasilnya dapat dilihat pada output dibawah ini.
3
Initial State :
Pada initial
state terdapat pembuatan jendela permainan dengan tampilan awal berupa tentara
minion yang berlindung di balik tembok yang berada di pojok kiri bawah dan
tentara merah yang berlindung di balik tembok yang berada di pojok kanan
bawah. Permainan akan dimulai ketika
pemain memilih menu Pilihan -> Mulai atau pemain memilih menu Level->
mudah, sedang, susah. Jika pemain memilih menu Pilihan -> Mulai maka level
yang dipilih otomatis adalah mudah (default level). Ketika permainan dimulai
akan muncul batas waktu 30 detik untuk menjalankan permainan.
Permainan
Battleshooter
hanya dapat dimainkan oleh satu pemain yang mengendalikan tentara minion
melawan komputer yang mengendalikan tentara minion juga. Permainan ini melatih
ketepatan pemain dalam mengambil keputusan kapan untuk bersembunyi, berdiri,
dan menembak.
Tampilan Game
4
Rule (Aturan):
1. Permainan berlangsung selama 30 detik
2. Pemain menggunakan tombol atas untuk berdiri,
tombol bawah untuk menunduk dan tombol spasi untuk menembak.
3. Menembak hanya dapat dilakukan ketika pemain
atau komputer berdiri.
4. 1 detik setelah pemain atau komputer menembak,
pemain atau komputer akan otomatis menunduk untuk menghindari tembakan beruntun
serta lag pada permainan.
5. Jika pemain menembak tepat pada saat computer
berdiri maka life komputer berkurang satu, jika komputer menembak tepat pada
saat pemain berdiri maka life pemain berkurang satu
6. 1 detik setelah pemain atau komputer
tertembak, pemain atau komputer akan otomatis menunduk untuk menghindari
terkena tembakan beruntun serta lag pada permainan.
7. Pada detik 0 permainan akan berakhir dan
perhitungan life akan berjalan.
8. Jika pada detik 0 life pemain lebih dari life
komputer maka pemain dinyatakan menang.
9. Jika pada detik 0 life pemain kurang dari life
komputer maka pemain dinyatakan kalah.
10. Jika pada detik 0 life pemain sama dengan life
komputer maka permainan dinyatakan seri.
Goal (Tujuan):
Tujuan dari permainan ini adalah
membuat life terus berkurang sehingga ketika permainan berakhir life musuh
kurang dari life pemain.
5
Output Game :
6
AI :
Kecerdasan buatan pada game ini adalah respon
pada komputer. Komputer dapat mengecek keadaan pemain apakah sedang berdiri
atau tidak, ketika pemain berdiri komputer akan menembak. Komputer dapat
melakukan pengecekan ini pada saat berdiri maupun pada saat menunduk. Jika
pemain hanya diam saja tidak mau berdiri maka komputer yang akan berdiri untuk
memancing pemain berdiri pula.
Batas Usia :
Permainan
ini tidak disarankan untuk anak dibawah umur 5 tahun karena secara tidak langsung
memperlihatkan penggunaan senjata untuk menyerang target berupa objek tentara
virtual. Anak dibawah umur 5 tahun disarankan untuk mencari permainan edukatif
seperti alphabet dan angka.
7
Tidak ada komentar:
Posting Komentar