Selasa, 17 Juni 2014

GAME BATTLE SHOOTER MINION


GAME BATTLE SHOOTER MINION



Bahasa dan Program Editor :
         Permainan ini menggunakan bahasa pemrograman Prolog. Dan di sini saya menggunakan Strawberry Prolog sebagai program editor. Strawberry prolog adalaah salah satu bahasa pemrograman yang paling mudah dalam pembuatan AI sehingga cocok untuk digunakan pembuatan game ini.

About Strawberry Prolog :
            Strawberry Prolog merupakan sebuah bahasa pemrograman logika yang memiliki Object Oriented Language. Pada prolog ini tidak terdapat prosedur, hanya terdapat kumpulan data yang akan diolah. Untuk menggunakan strawberry prolog tidak dilakukan instalasi (portable). Jadi program dapat dijalankan dengan membuka file strawberry prolog (spj) di dalam strawberry prolog itu sendiri dan pada program aplikasi yang gratis (light edition) tidak dapat membuat project game tersebut menjapi program execute atau membuatnya menjadi file ber-extencion exe, dan untuk membuat menjadi program execute digunakan aplikasi strawberry professional edition yang berbayar.












1
Instalasi Strawberry Prolog :
           
            Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kami tidak bisa membuat file berbentuk exe karena kami menggunakan strawberry prolog light edition. Untuk dapat membuat file berbentuk exe diperlukan strawberry prolog pro edition yang bersifat berbayar. Karena itu untuk dapat menjalankan program ini user membutuhkan :

            1. Strawberry Prolog light edition 2.92 (hanya ada versi untuk windows XP & Vista)
            2. BattleShooter

·         Install Strawberry prolog yang terdapat pada folder strawberry prolog (anda harus memakai windows XP atau vista)
·         Buka folder Game battleshooter maka akan keluar tampilan seperti pada gambar 1 dibawah, dan pilih file yang bernama Battleshooter



Gambar 1.
2

·         Setelah proses yang di atas maka akan keluar tampilan seperti pada gambar 2 dibawah yaitu tampilan menu utama pada program aplikasi strawberry prolog.


Gambar 2.


·         Untuk menjalankan games-nya dapat menggunakan shortcut F5. Atau pada menu bar pilih RUN → RUN. Hasilnya dapat dilihat pada output dibawah ini.



3




Initial State :

            Pada initial state terdapat pembuatan jendela permainan dengan tampilan awal berupa tentara minion yang berlindung di balik tembok yang berada di pojok kiri bawah dan tentara merah yang berlindung di balik tembok yang berada di pojok kanan bawah.  Permainan akan dimulai ketika pemain memilih menu Pilihan -> Mulai atau pemain memilih menu Level-> mudah, sedang, susah. Jika pemain memilih menu Pilihan -> Mulai maka level yang dipilih otomatis adalah mudah (default level). Ketika permainan dimulai akan muncul batas waktu 30 detik untuk menjalankan permainan.

            Permainan Battleshooter hanya dapat dimainkan oleh satu pemain yang mengendalikan tentara minion melawan komputer yang mengendalikan tentara minion juga. Permainan ini melatih ketepatan pemain dalam mengambil keputusan kapan untuk bersembunyi, berdiri, dan menembak.

Tampilan Game


4
Rule (Aturan):

1.      Permainan berlangsung selama 30 detik
2.      Pemain menggunakan tombol atas untuk berdiri, tombol bawah untuk menunduk dan tombol spasi untuk menembak.
3.      Menembak hanya dapat dilakukan ketika pemain atau komputer berdiri.
4.      1 detik setelah pemain atau komputer menembak, pemain atau komputer akan otomatis menunduk untuk menghindari tembakan beruntun serta lag pada permainan.
5.      Jika pemain menembak tepat pada saat computer berdiri maka life komputer berkurang satu, jika komputer menembak tepat pada saat pemain berdiri maka life pemain berkurang satu
6.      1 detik setelah pemain atau komputer tertembak, pemain atau komputer akan otomatis menunduk untuk menghindari terkena tembakan beruntun serta lag pada permainan.
7.      Pada detik 0 permainan akan berakhir dan perhitungan life akan berjalan.
8.      Jika pada detik 0 life pemain lebih dari life komputer maka pemain dinyatakan menang.
9.      Jika pada detik 0 life pemain kurang dari life komputer maka pemain dinyatakan kalah.
10.  Jika pada detik 0 life pemain sama dengan life komputer maka permainan dinyatakan seri.

Goal (Tujuan):
            Tujuan dari permainan ini adalah membuat life terus berkurang sehingga ketika permainan berakhir life musuh kurang dari life pemain.
5
Output Game :




6


AI :
Kecerdasan buatan pada game ini adalah respon pada komputer. Komputer dapat mengecek keadaan pemain apakah sedang berdiri atau tidak, ketika pemain berdiri komputer akan menembak. Komputer dapat melakukan pengecekan ini pada saat berdiri maupun pada saat menunduk. Jika pemain hanya diam saja tidak mau berdiri maka komputer yang akan berdiri untuk memancing pemain berdiri pula.

Batas Usia :

            Permainan ini tidak disarankan untuk anak dibawah umur 5 tahun karena secara tidak langsung memperlihatkan penggunaan senjata untuk menyerang target berupa objek tentara virtual. Anak dibawah umur 5 tahun disarankan untuk mencari permainan edukatif seperti alphabet dan angka.





7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome to my blog

Blog yang meceritakan seputar dunia saya dan semoga bermanfaat untuk semua..

Featured Story