Selasa, 20 November 2012

5 aplikasi new media beserta dampaknya

5 APLIKASI NEW MEDIA
FACEBOOK
·         MANFAAT : 
Menyediakan lapangan pekerjaan
Sudah banyak orang yang menggunakan Facebook untuk membantu melancarkan usaha atau bisnis mereka. Facebook memang merupakan salah satu media pemasaran yang mudah, murah, dan efektif.
Meningkatkan kepercayaan diri
Sebuah penelitian dari Cornell University menyatakan dengan memperhatikan tampilan dinding akun Facebook, maka seseorang akan lebih percaya diri. Hal tersebut disebabkan oleh segala bentuk tampilan terbaik seseorang benar-benar dimaksimalkan ketika diposting dalam dinding Facebook.
Meningkatkan harga saham
Bagi orang-orang yang sudah memiliki bisnis besar, memiliki akun Facebook dan aktif menggunakannya juga bisa membantu meningkatkan harga saham perusahaan yang mereka miliki. Sebab Facebook secara tidak langsung meningkatkan nama besar perusahaan seseorang dan dirinya sendiri.
Meningkatkan produktivitas
Sebuah studi dari University of Melbourne sudah pun pernah membuktikan para karyawan yang diberikan kesempatan untuk mengakses Facebook selama 10 menit saja ketika bekerja akan meningkatkan produktivitas mereka.
Membantu anak sekolah lulus
Studi lain oleh para ahli dari Abilene Christian University menyebutkan beberapa anak sekolah yang tidak memiliki akun sosial media, seperti Facebook, berkesempatan besar untuk dikeluarkan dari sekolahnya dan gagal lulus.
Membantu menemukan jodoh
Manfaat terakhir dari Facebook bagi kehidupan sosial Anda adalah membantu menemukan jodoh yang selama ini Anda cari-cari.
·         KELEBIHAN FACEBOOK + KEKURANGAN FACEBOOK
KELEBIHAN FACEBOOK

Update status, disini kita bisa menulis apa saja yang sedang kita lakukan, kita rasakan, dimana keberadaan kita, bersama siapa, bahkan yang tidak bisa kita ungkapkan pada orang lain.

Comments
, kita bisa mengomentari apa saja, entah itu status, foto, wall, notes teman kita. Tagging photo, biasanya para pengguna suka meng-upload berbagai fotonya ke dalam account mereka, sama halnya pada Friendster. Dalam facebook, selain meng-upload foto untuk bisa diperlihatkan, kita juga bisa menandai orang-orang yang ada dalam foto tersebut apabila orang tersebut menjadi teman dalam account facebook kita.
Notes & Tagging Notes
, dalam notes kita bisa menuliskan apa saja seperti menceritakan sesuatu, dan notes teersebut bisa kita tandai sama seperti foto juga mengomentarinya.
Chat,
pada jejaring social sebelumnya (Friendster) tidak terdapat aplikasi untuk chating (berinteraksi) melalui media text dengan teman yang juga menjadi teman dalam account kita.
Games,
pada jejaaring social lain tidak disediakan aplikasi games dengan menggunakan account kita, tapi dalam facebook kita dapat memainkan games seperti poker (kartu), pet society, Farmville, mavia wars, dan lain-lain dengan menggunakan account facebook kita.

Group, group ini dapat kita buat sendiri sesuai dengan tujuan orang-orangnya. Maksudnya semua yang memiliki facebook dapat membuat sebuah group yang ditujukan kepada sebuah komunitas atau siapa saja yang inginbergabung untuk mendapatkan informasi tentang group tersebut. Misalnya saja seperti kelas yang memiliki sebuah group facebook, dalam group itu semua mahasiswa yang tergabung bisa memberi/share info apa saja mengenai kelas ataupun kampuss.

Fitur-fitur tersebutlah yang membuat para pengguna facebook betah untuk berlama-lama menggunakannya.
Menurut saya, kelebihan utama dari kepemilikan sebuah account facebook adalah kita bisa menemui kembali teman-teman lama kita, walaupun hanya didalam dunia maya, namun itu akan menjadi hubungan pertemanan yang berlanjut, dengan begitu kita bisa berkomunikasi kembali dengan mereka. Sedangkan,

KEKURANGAN FACEBOOK :

kekurangannya mungkin sebuah account facebook bisa dipalsukan oleh orang lain dengan info/data diri yang tidak benar sama skali yang mungkin akan merugikan orang yang accountnya dipalsukan. Lalu facebook ini bisa menyita waktu sang pemilik account untuk teruss menggunakan (kasarnya memebuat para pengguna terbuai dan tidak peduli dengan tugas/pekerjaannya, bagi para facebookers). Selain itu dari Facebook juga bisa menyebarkan berita yang tidak baik ataupun mengkomentari hal-hal yang berbau SARA, Pornografi, dll...
·         FITUR PADA  FACEBOOK
Menu Sunting dan Hapus Pada Komentar
Emoticon Pada Fasilitas Chat Facebook
Menu Pageview Pada Fanpage
Menu Promosi

·         DAMPAK  FACEBOOK
FACEBOOK meningkatkan rasa percaya diri, yang berdampak negatif terhadap kemampuan mengambil keputusan dan penilaian terhadap sesuatu.
Demikian dipaparkan Andrew Stephen, professor dari University of Pittsburgh dan Keith Wilcox, profesor dari Columbia University.
Rasa percaya diri yang terdongkrak juga berdampak terhadap menurunnya kemampuan mengontrol diri, terutama mengatur perilaku negatif seperti mengelola keuangan.
Seperti dilansir Huffington Post, Senin (12/11), para peneliti menemukan korelasi antara tingkat penggunaan Facebook dan perilaku boros setelah dilakukan survey terhadap 541 pengguna Facebook.
Rata-rata pengguna Facebook mengakses jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu sekurang-kurangnya delapan jam dalam sebulan. Kebanyakan pengguna mengakses Facebook karena merasa bosan.
Walau sekedar menghilangkan kebosanan, mereka tetap merasa perlu membentuk pencitraan sempurna melalui profil Facebook agar dapat membuat orang lain yang melihatnya terkagum-kagum. Inilah yang memicu peningkatan rasa percaya diri para pengguna Facebook.
Bagi para “Facebook-addict”, ada dampak negatif lain yang harus dihadapi. Kecanduan Facebook membuat mereka sulit mengontrol diri, termasuk mengontrol berapa lama waktu yang harus dihabiskan untuk menjelajah dunia maya.
Efek negatif ini terus berlangsung di kehidupan nyata, dimana mereka kesulitan mengatur pengeluaran, sehingga menjadi lebih boros. Kurang mampu mengontrol diri ditambah dengan rasa percaya diri yang meningkat dapat memperburuk perilaku boros.
TWITTER
·         MANFAAT
1. Twitter dapat Menciptakan Sebuah Komunitas
Twitter terdiri dari masyarakat yang saling berbagi informasi didalam komunitasnya , contohnya jika anda menyukai kecantikan anda bisa mengikuti account @sehatcantik , jika anda menyukai Quotes atau hal hal positif dan motivasi anda bisa memfollow @kata2bijak dimana twitter memiliki kekuatan untuk membuat sebuah komunitas
2. Twitter Dapat Menggerakan Masa atau Komunitas
Bayangkan Jika ada Ratusan Ribu Orang yang memfollow atau mengikuti Anda di twitter , kadang Sebuah Status Tweet bisa menggerakan Ribuan orang untuk melakukan sesuatu
3. Twitter bersifat Realtime
Saat ini banyak orang yang tidak lagi mendengar atau melihat Berita Konvensional melalui Televisi , karena saat ini dengan Smartphone masyarakat bisa mengikuti update2 berita terbaru melalui Twitter , seperti mengikuti situasi politik ataupun gosip tentang artis
4. Twitter mampu memperluas Jaringan Pergaulan
Dengan Twitter pergaulan saat ini tidak mengenal Batasan Negara ataupun batasan Level . bayangkan jika 10-20 tahun lalu kita harus mengirimkan surat kepada artis Idola kita , maka saat ini kita hanya cukup bermodalkan mention di twitter maka Pesan anda akan langsung di baca oleh artis idola anda tersebut , dan saat ini Rata rata kebanyakan artis mengHandle twitter nya secara langsung
5.Menciptakan Personal Brand
6, Meningkatkan Pelayan Kepada Konsumen
7. Membuat Brand mampu Berkomunikasi dengan Konsumen
8. Menguji Reaksi Pasar
·         KELEBIHAN + KEKURANGAN TWITTER
Kelebihan Twitter:
■ Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun.
■ Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
■ Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir
■ Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
■ Kamu tidak harus log in untuk mendapatkan update. Kamu bisa menggunakan aplikasi RSS reader
■ Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
■ Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
■ Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel
■ Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan
■ Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya
Kelemahan Twitter:
■ Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung
■ Dibatasi sampai 140 karakter per update
■ Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
■ Lebih menekankan pada penghitungan follower
■ Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
■ Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal
■ Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas

·         FITUR PADA TWITTER
·         DAMPAK TWITTER
DAMPAK NEGATIF:

1. Kecanduan situs jejaring sosial seperti Facebook atau MySpace juga bisa membahayakan kesehatan karena memicu orang untuk mengisolasikan diri. Meningkatnya pengisolasian diri dapat mengubah cara kerja gen, membingungkan respons kekebalan, level hormon, fungsi urat nadi, dan merusak performa mental.

2. Seseorang yang menghabiskan waktunya di depan komputer akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktivitas ini dapat menimbulkan kondisi fisik yang lemah, bahkan obesitas.

3. Kerusakan fisik juga sangat mungkin terjadi. Bila menggunakan mouse atau memencet keypad ponsel selama berjam-jam setiap hari, seseorang dapat mengalami cedera tekanan yang berulang-ulang. Penyakit punggung juga merupakan hal yang umum terjadi, pada orang-orang yang menghabiskan banyak waktu duduk di depan meja komputer.

4. Media elektronik, seperti komputer, laptop, atau handphone (ponsel) juga menghancurkan secara perlahan-lahan kemampuan anak-anak dan kalangan dewasa muda untuk mempelajari kemampuan sosial dan membaca bahasa tubuh. Maksudnya adalah seseorang akan mengalami pengurangan interaksi dengan sesama mereka dalam jumlah menit per hari-nya menyebabkan jumlah orang yang tidak dapat diajak berdiskusi mengenai masalah penting, menjadi semakin meningkat setiap harinya.

DAMPAK POSITIF:
1.Memperluas pergaulan.
2.Sebagai media promosi dalam bisnis.

Semenjak situs jejaring sosial (seperti Facebook dan Twitter) menyedot perhatian publik. Sebagian besar menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengunjungi situs tersebut. Oleh karena itu diperlukan cara untuk mengatasi kecanduan jaringan sosial ini seperti dengan membatasi waktu penggunaan internet, terutama situs jaringan sosial. Kita juga perlu belajar menggunakan jaringan internet secara bijak sehingga kita tidak menjadi orang yang mencandu akan jejaring sosial. Sebaiknya para pengguna situs jejaring sosial ini tidak harus berhenti total untuk tidak menikmati situs tersebut, namun lebih bijak kalau secara perlahan untuk menguranginya yaitu dengan mengurangi jam bermain Facebook.
YOUTUBE
·         MANFAAT
Mulai video dengan informasi terupdate, klip musik terbaru, hingga berita artis mancanegara yang lagi hangat-hangatnya mudah diakses lewat YouTube. Lengkapnya topik YouTube berhasil memikat para browser dunia maya untuk mengakses dengan beragam keperluan.

43,78% reponden WU mengakses YouTube untuk menonton video. “Biasanya nonton film yang belum dijual sekalian lihat referensi film-film bagus,” ujar Rica asal FBE. “Lihat videonya bisa kapanpun dan dimanapun,” tambah Samuel dari FH. “Bermacam-macam video sudah tersedia sehingga mudah dan cepat aksesnya,
·         KELEBIHAN + KEKURANGAN YOUTUBE
Kelebihannya :
  • bisa melihat dan mengupload video yang kita suka
  • sebagai ajang promosi diri
  • bisa mendownload setiap video
  • bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat
  • ukurannya ada yang HD, bisa di download
  • videonya banyak
kekurangannya :
  • bisa disalahgunakan penggunanya
  • banyak informasi yang menyesatkan
  • banyak negara yang memblok Youtube
  • Karena terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi yang terupload
  • gambarnya tersendat sendat
  • banyak video dengan kualitas buruk
  • tidak cocok untuk slow conection
  • tidak bias download secara langsung

·         FITUR
Updated video end-screen
Enhanced Playlist bar
Updated youtube
Wevideo now on youtube
Smart subscribe button
·         DAMPAK
Dampak Positif :
- Dapat mencari video tutorial
- Bisa menjadi artis dadakan
- Bisa berbagi keceriaan dengan berbagi-pakai video yang kita miliki
- Dapat mencari video unik dan lucu
- Membuat orang kreatif dengan membuat video yang menarik
Dampak negatif :
- Dapat dipakai untuk mencari video porno
- Video-video kekerasan
- Video yang dapat memperjelek nama seseorang


BLOG
·         MANFAAT
Kata blog sendiri berasal dari kata “web log” yang kemudian disingkat menjadi blog. Walaupun dikatakan diary online, blog kini telah mengalami banyak perkembangan. Blog biasanya dikelola oleh seseorang yang disebut blogger.
Blog bisa dibedakan menjadi dua yaitu : gratis dan berbayar. Untuk blog gratis yaitu dimana kita bisa membuat blog tanpa membayar apapun, sebagai contoh di wordpress.com, blogspot dan lainnya. Sedangkan untuk yang berbayar maksudnya adalah blog yang menggunakan domain dan hosting sendiri (menyewa dari penyedia jasa hosting). Blog ini umumnya dibuat dengan menggunakan sebuah blog engine (mesin blog) yang berupa CMS (Content Management System), contohnya WordPress.
Bagi setiap pemilik blog (blogger), tentunya merasakan manfaat dari blog tersebut. Manfaat yang dirasakan belum tentu sama. Setiap blogger merasakan manfaat blog berbeda-beda mungkin karena tujuan mereka ngeblog (blogging) dan membuat blog memang berbeda. Ada yang sekedar ingin menulis saja, sampai ada yang memang ingin mencari keuntungan (uang) dari membuat blog di internet.
·         KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BLOG
a. Kelebihan blog
Selain karena sifatnya yang ada dalam jaringan internet, beberapa kelebihan dari blog lainya adalah sifatnya berdiri sendiri sebagai media, selain itu blog juga cenderung non-formal dalam penggunaan bahasa yang dipakainya.
Blog memungkinkan terjadinya iteraktifitas atara sember dengan penerima informasi. Informasi yang disampaikan akan langsung direspon, ditambahi, dikoreksi dan diperkaya oleh orang lain. Oleh karena itu, suatu topic mungkin bisa menjadi lebih menarik dengan adanya diskusi antara blooger dengan pengunjung weblognya. (Nurist Surayya dalam jurnalisme Weblog merupakan Pola Baru Jurnalisme Media Massa, hal 1, 2005) http://nurriest.blogdrive.com/archive/10.html.
Weblog adalah media yang digunakan secara personal, baik individual maupun institusional. Tidak ada persyaratan personal yang diberikan dari pihak manapun untuk bisa memiliki dan mengelola weblog sendiri. Formatnya yang mudah diaplikasikan dan pengelolaannya yang tidak rumit membuat media ini bisa diopersikan oleh siapapun. Tidak diperlukan kemampuan teknis atau kemampuan dasar jurnalisme untuk mempublikasikan informasi dalam weblog.
b. Kekurangan blog
beberapa kekuranga blog diantaranya adalah rentan terkena virus, hacker atau spywere. Selain itu, blog juga kurang sentuhan manusiawi, mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog kurang dapat dipertanggung jawabkan.
Untuk itu, ada beberapa upaya agar kekurangan ini dapat diminimalisir. Diantaranya yakni dengan menggunakan bahasa pemograman yang aman, manggunakan desein menarik, dan memiliki control penulisan artikel yang benar.
FITUR
itur-fitur blogger yang semakin lengkap. Setelah sekian lama bertengger di dalam draftblogger, kini kontrol panel blogger sudah berganti dengan kontrol panel yang baru (yang belum melihat sok login ke blogger!). Yang paling mencolok dan menjadi perhatian kang rohman tertuju kepada elemen halaman, dulu…. jika ingin menambahkan halaman maka kita klik tulisan Tambahkan sebuah Elemen halaman, sekarang sudah di ganti dengan Tambah Gadget. Ini dia yang utama, melalui tambah gadget ini anda bisa mendapatkan berbagai fitur baru dari blogger, diantaranya adalah :
Dasar :
  • Daftar Blog.
  • Tampilan Slide.
  • Link Berlangganan.
  • Polling.
  • Daftar.
  • Daftar Link.
  • Ganbar.
  • Teks.
  • HTML/JavaScript.
  • Feed.
  • Label.
  • Newsreel.
  • Baris Video.
  • Logo.
  • profil.
  • Arsip Blog.
  • Header Halaman.
 Unggulan :
  • Blogger Play.
  • Digg.
  • You Tube.
  • Nasa Photo of the Day
  • National geographic Photo of the day.
  • Qoute of the Day.
  • Countdown.

  • Paling Populer :
  1. Search YouTube.
  2. Weather forecast.
  3. this day in History.
  4. World Clock.
  5. Astronomy Picture of the Day.
  6. Collapse.
  7. Wic Wac Woe.
  8. Aircraft Lander.
  9. NBA TV.
  10. Van Gogh Painting of the Day.
  11. Pablo Picasso Art of the Day.
  12. The Art of Gustav Klimt.
  13. useless Knowledge.
  14. Daily jokes.
  15. Google Music search.
  16. Salvador Dali Fine Art of the Day
  17. Watch ABC, CBS, CW, FOX, NBC shows online.
  18. This Disturbing World Wide Weird.
  19. Jokes from South Africa.
  20. Dodgebal.
  21. teleMessage SMS sender.
  22. Billboard News.
  23. play-20230-Crash_Down.
  24. Vintage Art of the Day.
  25. Sampai »» 45399 fitur baru
DAMPAK
PENGARUH POSITIF
- MENGNYENANGKAN. Pertama ngeblog memang sangat menyenangkan,
- SEBAGAI DIARY. Blog memang biasa sering di sebut diary elektronik , jadi selain bisa buat memposting seperti ilmu pengetahuan atau hanya sekedar share game blog juga bisa buat diary
- PERIKLANAN. Banyak blogger yang menmanfaatkan periklanan untuk mendapatkan uang.
- MENAMBAH WAWASAN. Ngeblog sama artinya dengan membuka jendela dunia
- MENJALIN PERSAHABATAN. Terakhir, ngeblog tidak bisa sendirian , pasti kita butuh blogger lain dengan cara menjalin persahaban dengan baik.

PENGARUH NEGATIF
- KECANDUAN. Tahukah nggak sih kalau ngeblog itu membuat kecanduan.
- MENGURANGI HUBUNGAN SOSIAL. Dengan ngeblog kita rela duduk berjam - jam didepan pc atau hp untuk menulis sebuah artikel dan lupa akan dunia nyata yang semestinya tidak boleh dilupakan.
- KELELAHAN. Saya sendiri sering kelelahan waktu ngeblog. 
E-MAIL
·         MANFAAT
Definisi Email
Email adalah singkatan dari electronic mail yang berarti surat elektronik

Manfaat Email
  • Kirim - terima surat elektronik
  • Kirim terima file/dokumen
  • Biaya murah tidak terpengaruh jarak
  • Sebagai tempat konfirmasi bila mendaftar di situs lain seperti Facebook, Twitter, Blog, dsb
  • Anda bisa membaca/mengirim email dimana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet/gprs
1) Sebagai alat Komunikasi
Berkomunikasi dengan teman lama maupun teman baru,mengetahui kabar terbaru dari teman lama yg sudah menikah atau pindah ke LN, menyebarkan berita penting atau undangan dengan cepat
2) Sebagai identitas di dunia maya
Identitas dalam pembuatan account pada suatu web
3) Sebagai sarana untuk masuk ke mana saja dengan e-mail kita
Dengan e-mail sebagai identitas kita, maka kita bisa masuk ke web apa saja dengan menggunakan e-mail dan password yang kita buat, mencari apa yang kita butuhkan dan mendownload software yang kita inginkan dengan mudah
4) Sebagai sarana pengiriman tugas
Ini ditujukan untuk para mahasiswa ataupun murid untuk mengirimkan tugas ke guruyang bersangkutan
5) Memudahkan dalam melamar pekerjaan
Ini ditujukan kepada ornag yang jika dalam pelamaran kerja harus dengan penggunaan e-mail

·         KELEBIHAN DAN KEKURANGAN E-MAIL
Kelebihan Email
  1. Pengoperasian mudah dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi.
  2. Pengiriman sangat cepat.
  3. Biaya murah.
  4. Dapat mengirim ke beberapa alamat lain sekaligus.
  5. Surat yang masuk mudah dibaca, disimpan , dan dicetak.
  6. Privasi terjamin yang dilindungi oleh password
Kekurangan Email
  1. Kesalahan penulisan alamat tujuan, maka email tidak sampai tujuan.
  2. Email di kirim sering gagal apabila,
    • Lalulintas internet padat
    • Koneksi lambat
    • Kotak surat tujuan penuh, maka email yang datang akan terhapus
  3. Adanya kemungkinan pemalsuan identitas.
  4. Rawan Penyadapan, jika password yg diketahui oleh orang lain.
·         FITUR

Fitur

• Digsby mendukung sebagian besar IM multi protokol seperti AIM, MSN, Yahoo!, Google Talk, ICQ, Jabber. Sejauh ini belum ada dukungan untuk IRC
Status pengguna : available, away, atau custom yang membuat pengguna dapat menuliskan statusnya sendiri. Digsby juga menyediakan pilihan mode invisible
Conversation log viewer yang dapat membuat pengguna memilih untuk mengategorikan percakapan yang sedang dilakukan menurut nama teman ataupun tanggal
• Dapat melakukan chat instan dengan meng-klik jendela IM yang muncul berupa popup
• Menu untuk mendapatkan info, mengirim/ menerima IMs, transfer file, mengirim e-mail ke alamat yang telah terkonfigurasi sebelumnya, mengirim SMS, melakukan percakapan suara dan video (dengan dukungan dari flash application), melihat percakapan terdahulu, menambah/ block pengguna lain, dan link cepat ke alert menu.
Merge Contacts yang berguna untuk mengumpulkan pengguna IM dari aplikasi lain (misalnya AIM atau Yahoo!) bersama-sama ke dalam daftar kontak yang sama dalam buddy list.
• Pilihan untuk menyortir buddy atau teman menurut grup, status, servis, atau servis yang diikuti dengan status.
• Dapat mendeteksi musik yang sedang diputar di komputer ketika sedang mengaktifkan status Listening To

Fitur Unik

Synchronization yang berguna untuk menyingkronisasi semua yang pengguna susun—tema, bentuk penyoritan buddy, preferensi koneksi, dan window position dengan server Digsby.
Digsby chat widget yang dapat memberikan pengguna flash widget yang dapat diatur dan disimpan, yang tersambung langsung ke dalam login Digsby pengguna. Ketika fitur ini dimasukkan ke dalam website pengguna, pengunjung website dapat langsung mengirim pesan/ melakukan chat.

Fitur yang Belum Tersedia

• Belum didukung dengan fitur IRC
• Tidak ada fitur theme handler
• Tidak adanya chat room seperti yang biasa digunakan dalam applikasi chatting terdahulu
Chat window belum dilengkapi dengan kemampuan URL embed link
·         DAMPAK
Dampak positif pemanfaatan teknologi
1. Misalkan di bidang jasa pelayanan kesehatan. Institusi kesehatan menggunakan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan secara terpadu dari pendaftaran pasien sampai kepada system penagihan yang bisa dilihat melalui internet.
2. Contoh lain adalah bermunculannya polling atau layanan masyarakat dalam bentuk SMS (Short Message Service), termasuk juga untuk sistem perbankan yang dikenal dengan M-Banking (Mobile Banking).
3. Teknologi informasi dan komunikasi diciptakan untuk menunjang kegiatan bisnis.
4. Sekarang dengan bantuan komputer kita bisa melihat hasil ketikan di layar monitor sebelum dicetak, sehingga mengirit biaya kertas (paperless).
5. Sebagai contoh sarana pengiriman surat diganti diganti dengan surat eletronik (e-mail), pencarian data melalui search engine, chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya.

Dampak negatif teknologi terhadap manusia dapat disebutkan sebagai berikut :
1. Salah satu penelitian yang di lakukan di Universitas Tohoku Jepang menunjukan bahwa jika anak-anak dijejali aneka permainan komputer, maka lama-kelamaan akan terjadi kerusakan di sebagian otaknya, hal ini disebabkan pengaruh radiasi monitor komputer yang terserap ke otak melalui matanya.
2. Seorang gadis remaja gantung diri karena frustasi tidak dapat menyelesaikan permainan bomber man.
3. Di bidang kriminalitas, bahwa ada korelasi positif antara bermain permainan komputer dengan tingkat kejahatan di kalangan anak muda, khususnya permainan komputer yang banyak memuat unsur kekerasan dan pembunuhan.
4. Di bidang perbankan, lebih mengkhawatirkan lagi penggunaan kartu kredit illegal (carding).
5. Kepribadian terhimpit, karena pengaruh informasi yang sifatnya global maka manusia cenderung menjadi manusia yang terpengaruh oleh isue-isue global, sementara kultur, nilai-nilai lokal menjadi semakin terkikis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome to my blog

Blog yang meceritakan seputar dunia saya dan semoga bermanfaat untuk semua..

Featured Story