Jumat, 11 November 2011

Tips Berpuasa

Tips Berpuasa
Assalamualaikum tips berpuasa kali ini adalah bagaimana cara kita untuk menjalani puasa di bulan ramadhan ini.. cekidot ..

Sahur Sahur adalah hal utama yang harus diperhatikan sebelum memulai puasa. Sahur yang baik itu makan makanan yang sehat dan bergizi. Ada karbohidrat, protein, sedikit lemak, sayur, vitamin, dan jangan lupain mineral. Menurut gua sih, kalo sahur jangan makan mie instan, memang dibuatnya praktis, tapi kalo yang gua alamin, kalo abis makan mie instan, paginya perut gua langsung ngga enak banget, dan cepet lapernya lagi. Dan kalo udah mau imsak, jangan dibanyakin minum air teh, karna itu akan buat tenggorokan kita kerasa aus terus. Jadi, perbanyaklah minum air putih


Saat Mulai Beraktivitas Setelah sahur, biasanya kita langsung nyungsep di tempat tidur dan ngorok ampe siang. Sebaiknya, istirahat dulu setelah makan, jangan tidur, tapi duduk. Lebih baik kita nunggu adzan subuh dulu dan solat, karna kalau tidur terus bangun buat solat subuh, yang ada nanti kita malah pusing. Setelah solat, baru boleh tidur, tapi jangan lama lama. Kalo emang tidur kita kebluk, nyalain alarm. Karna tidur kelamaan bisa buat kita pusing dan lemes banget. Jangan kalian pikir dengan kita berpuasa, kita harus mengurangi sebagian dari aktifitas kita. Noo ! Justru melakukan aktivitas lebih baik dan mengurangi rasa lapar *biasanya akan ngga kerasa ujug ujug udah mau buka puasa ajaa. Tapi hemat hemat juga energinya. Jangan terlalu memaksakan pekerjaan yang berat.

Buka Puasa Bagian inilah yang ditunggu tunggu umat muslim sejagat. Biasanya kita udah ngiler ngeliat makanan dan minuman yang enak enak udah tersedia di meja, setelah adzan magrib, langung di embat semua ngga kira kira. Ini ngga baik kawan. Seperti sunah Rasul saw, berbukalah dengan yang manis, karna itu akan mengganti sedikit energi kita. Dan jangan minum terlalu banyak dulu, biasanya kan kalo ada es buah langsung deh se teko abis. Itu bakal buat kita kembung dan males makan, padahal yang terpenting itu kita harus dapet asupan karbohidrat untuk mengembalikan energi kita. Jadi, minum dikit aja, dan jangan air es, karna lambung bisa kaget dan yang ada malah sakit perut, minum air teh hangat atau paling ngga air putih biasa. Dan setelah itu makan yang cukup, jangan banyak banyak, karna kalau kita mau taraweh pasti ngga enak banget perut serasa penuh. Jangan lupa makan makanan yang mengandung vitamin, misalkan buah, susu, atau bahkan suplemen, karna itu semua bisa bantu kita tetep fit berpuasa walau banyak aktivitas
Yaa mungkin itu aja tips dari gua yang gua dan sebagian orang pernah ngalamin. Jadi, selamat menjalankan segudang aktivitas saat puasa dengan semangat dan badan yang sehat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome to my blog

Blog yang meceritakan seputar dunia saya dan semoga bermanfaat untuk semua..

Featured Story